Pengaturan Margins dan Paper untuk Skripsi

Bookmark and Share
Sekitar 2 jam yang lalu saya memberikan materi kuliah bagi mahasiswa saya dengan materi TIK (Ms. Word 2007). Pada Ms. Word 2007, saya menjelaskan tentang mengatur Margins dan Paper untuk Skripsi. Karena setahu saya, Skripsi memang memerlukan pengaturan Margins dan Paper khusus.

Oke, kita mulai.

Untuk ukuran Margins nya, Skripsi menggunakan ukuran
Top : 4 cm, Left : 4 cm, Bottom : 3 cm, dan Right : 3 cm

Semuanya menggunakan satuan Centimeter. Bagi yang satuannya masih menggunakan Inchi silahkan di cek Merubah Inchi Menjadi Centimeter


Lalu untuk Paper Size nya kita gunakan ukuran Letter atau A4 dan jangan dirubah untuk ukuran Height dan Width nya.


Jika seandainya menggunakan kertas dengan ukuran lebih panjang seperti Folio (F4) atau HVS yang perlu kita setting adalah "paper size" nya saja. Yaitu dengan mengganti Letter/A4 menjadi Legal dan merubah ukuran tinggi (height) kertas Legal yang tadinya 35,56 cm menjadi 33 cm, sedangkan lebarnya (width) tetap.


Kenapa kita perlu merubah height nya dari 35,56 cm menjadi 33 cm, karena ukuran tinggi kertas asli F4/Folio adalah 33 cm.

{ 14 comments... Views All / Send Comment! }

Anonymous said...

terima kasih... karna ini sangat bermanfaat bagi saya..

Unknown said...

Thanks gbu

Unknown said...

thank initelah membantu sekali

kuszairi said...

makaciiih

Unknown said...

maaf ni, mau tanya gan, kanapa ya saya pakai setup udah sesuai 4,4,3,3 tapi kalau di prin kata dosen masih salah karna patokan dosen dri penggaris, kalu hasil print sealu gk sesuai dgn penggaris bagaimana ya gan tolong informasiny terimakasih

Unknown said...

permisi gan saya mau tanya ni ... sebelumnya saya sudah setting margin nya ...
tapi pas di print.. kok sisi kiri dan bawah nya tidak sesuai dengan ukuran margin yg sudah dsetting ...
mohon pencerahannya master

Putro077 said...

sangat membantu thanks

British-Propolis-(BP) said...

Mantap Pak Dosen...

Unknown said...

wew

Unknown said...

Sangat membantu...

DOBY said...

Makasih...bantu banget karna sekarang aku mau buat makalah udah tau ukurannya

Unknown said...

Terima kasih . Sangat membantu

Aan Anthero said...

Saya juga sama

Yyuhuu said...

Trimakasi sngt membantu

Post a Comment

Silahkan Komentar, Tolong Gunakan Bahasa yang Baik. Terimakasih.